Our Blog

7 Trik Jitu Mengatasi Writer’s Block

Writer’s block pasti pernah terjadi pada hampir semua penulis. Tidak bisa dielakkan, memang. Kamu merasa seluruh tulisannmu hancur lebur menjadi bubur. Kamu merasa sudah tidak ada lagi ide-ide baru. Dan yang paling parah, rasanya kamu ingin menyerah saja.

Menurut riset dari Goinswriter, ada 3 penyebab yang paling sering mengakibatkan penulis terkena writer’s block antara lain:

Waktu: It’s not the right time. Kamu selalu berpikir mungkin ini bukan saat yang tepat untuk menulis, setelah itu kamu akan mengulur-ulur waktu agar idemu dapat tertuang dalam sebuah tulisan.

Ketakutan: Beberapa penulis menulis dengan rasa takut. Takut tulisannya tidak masuk dalam pasar, tidak disukai pembaca, dikritik dan masih banyak ketakutan lainnya. Padahal ketakutan adalah penyebab terbesar penulis tidak pernah bisa menjadi seorang penulis.

Perfeksionis: Sikap ini sebenarnya baik agar tulisan yang dibuat tidak berantakan dari segi pemakaian kata. Namun, jika setiap sedang menulis kamu berpikir “tulisan ini lebih bagus begini deh, eh, atau yang tadi ya?”, hmm.. Kapan tulisanmu bisa selesai?

 

ICC Publisher punya cara tepat untuk menghadapi dan menyikapinya. Kamu bisa ikuti trik-trik jitu di bawah ini!

 

1. Cobalah menggunakan tools menulis yang berbeda

Jika kamu biasa menggunakan Microsoft Word untuk membuat naskah, coba gunakan sesuatu yang berbeda seperti Google Docs, Sticky Notes atau bisa juga langsung menulis di halaman WordPress. Kamu juga bisa coba mengubah jenis, ukuran atau warna font.

Google Docs

Via howtogeek

Mungkin terlihat agak sedikit konyol, tapi perubahan-perubahan kecil dalam kebiasaan menulis bisa membuat tulisanmu lebih menarik lagi.

 

2. Take a short trip

Kangen orang tua? Ada beberapa teman yang sudah lama tidak kamu ajak meet-up? Well, temuilah mereka. Tapi yang harus kamu take note adalah: Jangan membawa mobil pribadi. Gunakan bus, kereta atau pesawat untuk membawamu sampai di tempat mereka.

Nah, selama di perjalanan tersebut, tantanglah dirimu untuk menulis setidaknya beberapa paragraf sebelum tiba. Kamu bisa mengetiknya di notes smartphone atau menuliskannya di dalam buku catatan. Pokoknya, jangan berhenti menulis sebelum kamu sampai!

 

3. Minum secangkir kopi atau teh

Aturlah jadwal istirahatmu dan selingi dengan minum kopi atau teh. Contohnya, kamu mengatur tiap 25 menit sekali untuk beristirahat setelah berkonsentrasi penuh pada tulisan. Meskipun tulisanmu sedang tanggung-tanggungnya, tetaplah berhenti dan buatlah secangkir teh atau kopi lalu minum dan ulangi pada 25 menit berikutnya.

writer noun meme penulis

Via coffeeshopexercises

 

4. Berhentilah menulis untuk pembaca

Terkadang yang harus kamu lakukan hanyalah menulis apa yang sedang ingin kamu tulis. Tidak masalah apakah tulisanmu cocok untuk para pembacamu. Karena dengan begitu, kamu akan menulisnya dari hati dan tanpa rasa takut maupun paksaan.

 

5. Berikan sedikit “refreshing” untuk pikiranmu

Beri sedikit waktu pada pikiranmu untuk “mengembara”. Jangan hanya membaca contoh tulisan atau blog dengan topik yang sama dengan naskahmu.

Kamu bisa coba marathon movie dengan film yang kamu pilih secara acak, menonton acara-acara TV di channel yang belum pernah kamu tonton sebelumnya, pergi ke museum dan masih banyak hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk merefreshkan pikiranmu.

watching movie gif

Via tumblr

Terkadang ide kreatif itu bisa muncul kapan saja tanpa terduga.

 

6. Menulis di waktu yang berbeda

Kita sering mendengar orang-orang berkata membentuk kebiasaan dan mempunyai jadwal menulis yang tetap adalah hal yang bagus.

Ya, kebiasaan rutin bisa jadi baik untuk kreatifitasmu. Namun bagaimana kalau kegiatan menulismu malah mengurangi inspirasi, banyak menunda-nunda waktu atau malah membuatmu sering berputus asa kalau tulisan sedang stuck?

Cobalah menulis di waktu yang berbeda, siapa tahu inspirasimu banyak keluar pada waktu-waktu selain yang kamu jadwalkan.

7. Menulis di tempat yang berbeda

Tinggalkanlah meja tulismu. Jika kamu mempunyai waktu dan budget yang cukup, pergilah untuk travelling. Kalau tidak sempat, kamu bisa pergi ke taman, kedai kopi atau perpustakaan. Ambil smartphone, laptop atau notesmu dan menulislah di mana dirimu berada!

 

Menulis memang bukanlah hal yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Tapi kamu akan semakin down kalau merasa tulisanmu sudah terkena virus writer’s block.

Kamu bukanlah penulis yang jenius dan selalu mempunyai ide. Write wherever and whenever you like. Be as crazy as you like to be!

Tetap semangat menulis dan segera terbitkan bukumu! 🙂

Tags: , , , ,

Show Comments (0)

This is a unique website which will require a more modern browser to work! Please upgrade today!

PENAWARAN SPESIAL UNTUK KAMU!

Dapatkan kupon diskon senilai 15% dari total pledge kamu

Caranya mudah, tinggal subscribe ke newsletter ICCPublisher, dan kupon diskon akan dikirimkan ke inbox kamu. Mohon mengisi data dibawah ini dengan baik dan benar.

Kami tidak akan pernah membagikan info ini dengan pihak lain.