Our Blog

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Menerbitkan Buku Secara Crowdfunding

Seperti yang kita ketahui, dunia digital terus berkembang dari hari ke hari. Hal ini pula yang menjadikan para penulis dan penerbit buku mau tidak mau harus mengikuti arus teknologi yang ada, terutama dalam hal menerbitkan buku.

Jika tetap bertahan dengan cara menerbitkan buku yang masih tradisional, yaitu menggantungkan harapan kepada penerbit buku agar naskah kita dicetak,  kemungkinan skill menulis kita tidak akan berkembang karena hanya menunggu dan menunggu si penerbit buku menghubungi kita dan memberikan kabar gembira.

Belum lagi kalau naskah kita ternyata ditolak setelah menunggu berbulan-bulan lamanya. Sakitnya itu… di naskah!

naskah ditolak
Via susancushman

Melihat kasus tersebut, banyak penulis yang akhirnya memilih untuk menerbitkan bukunya sendiri. Namun ternyata tidak semudah yang dikira, karena mereka harus menjadi layout designer, editor dan marketing pada waktu yang bersamaan.

Karena itulah, Crowdfunding datang membantu. Dengan sistem pendanaan buku, penulis tidak perlu menguras tenaga dan kantongnya untuk menerbitkan buku. Pembaca pun senang karena mereka dapat berkontribusi langsung selama buku dalam proses penerbitan.

Apa saja keuntungan menerbitkan buku secara crowdfunding?

1. Penulis mendapatkan dukungan langsung dari pembaca

Setiap penulis pasti menginginkan hasil pikirannya tersebut dapat dibaca oleh banyak orang. Crowdfunding adalah cara terbaik dari banyaknya cara menerbitkan buku yang ada. Bukan hanya dengan proses PO (Pre-Order), crowdfunding juga memberi kesempatan kepada penulis untuk mendapatkan pendukung yang dapat mengubah naskahnya menjadi sebuah buku.

team support yes
Via memegenerator

Bagi penulis yang memanfaatkan sistem crowdfunding dengan cara yang tepat untuk menerbitkan bukunya, hal tersebut akan menjadi moment yang paling berkesan bagi penulis karena pembaca dan pendukung pun ikut berkontribusi dalam projectnya.

2. Penerbit crowdfunding memastikan naskah penulis layak untuk dijual

Sebelum meluncurkan campaign crowdfunding ide penulis, penerbit crowdfunding akan memoles naskah penulis terlebih dahulu agar nantinya layak dijual di toko-toko buku offline maupun online. Membuat buku membutuhkan waktu yang lama, pasti tidak ada yang ingin menulis buku selama bertahun-tahun tanpa ada yang membaca, bukan?

i need help gif giphy
Via giphy

Ketika penulis melakukan crowdfunding, mereka akan mengetahui dalam 30 hari atau waktu yang sudah ditentukan, berapa banyak orang yang ingin membaca buku mereka nantinya.

3. Fasilitas penerbitan buku yang profesional

Apabila campaign berhasil, penulis akan mendapatkan fasilitas penerbitan seperti ISBN, editor dan cover design profesional. Buku pun akan dicetak ribuan eksemplar dan didistribusikan di toko buku, tergantung kesepakatan antara penulis dan penerbit crowdfunding.

Apakah fasilitas tersebut gratis? Ya! Tentu saja. Penulis tidak perlu mengeluarkan modal, hanya perlu mengirim naskah.

4. Mengumpulkan dana untuk biaya penerbitan

Manfaat yang paling terasa dari crowdfunding adalah menyediakan tempat bagi para penulis untuk mendanai project buku mereka.

Menerbitkan buku tidaklah murah, crowdfunding memungkinkan penulis menggunakan pendukung mereka untuk berkontribusi dalam biaya di muka penerbitan, daripada mengandalkan penjualan buku terlebih dahulu lalu mengganti biaya penerbitannya nanti.

crowdfunding book
Via forewordreviews

Dengan memiliki dana, resiko penerbitan dapat berkurang dan membantu penulis membuat buku yang lebih berkualitas.

5. Penulis mendapatkan branding lewat level reward

Ketika membuat reward yang akan diterima oleh pendukung campaign nantinya, penulis harus menyusun level reward apa saja yang dapat menarik para pendukungnya. Menciptakan level reward dapat membantu penulis membangun branding mereka sendiri dengan menentukan apa lagi yang dapat mereka tawarkan kepada para pendukungnya.

branding dentity
Via xanamarketing

6. Data penting mengenai analisis pasar dan informasi pembaca

Sebuah campaign crowdfunding dapat memberikan penulis wawasan yang berguna mengenai pendukung mereka. Analisis pasar mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi hingga dari mana pendukung mereka datang (social media, e-mail, word of mouth, dll) sangat membantu penulis untuk memenuhi upaya pemasaran dan promosi campaign mereka.

Dengan mendapatkan informasi tersebut, penulis dapat me-maintenance data-data pembaca mereka.

7. Belajar mengenai strategi pemasaran yang baik

Untuk mendapatkan campaign crowdfunding yang sukses, penulis harus mulai memasarkan buku mereka dengan baik. Penulis harus membuat pembaca bersemangat menantikan buku mereka sebelum tersedia di toko-toko buku offline maupun online untuk dapat dibeli.

marketing book
Via lisalarter.com

Sebuah campaign crowdfunding pasti mempunyai landing page di mana penulis dapat mengarahkan pembaca mengunjungi dan mendukung campaign mereka. Contohnya: Project Buku Gadis Penenun Mimpi.

Crowdfunding dapat menjadi langkah yang tepat dalam proses penerbitan dan pemasaran sebuah buku. Namun, seperti yang kita ketahui melakukan sebuah campaign membutuhkan banyak waktu dan juga usaha. Karena itulah, Inner Child Crowdfund Publisher yang merupakan platform penerbit crowdfunding pertama di Indonesia, ingin membantu para penulis merealisasikan mimpi-mimpi mereka.

Yuk, kirimkan naskahmu sekarang juga! 🙂

Tags: , ,

Show Comments (0)

This is a unique website which will require a more modern browser to work! Please upgrade today!

PENAWARAN SPESIAL UNTUK KAMU!

Dapatkan kupon diskon senilai 15% dari total pledge kamu

Caranya mudah, tinggal subscribe ke newsletter ICCPublisher, dan kupon diskon akan dikirimkan ke inbox kamu. Mohon mengisi data dibawah ini dengan baik dan benar.

Kami tidak akan pernah membagikan info ini dengan pihak lain.