Our Blog

5 Pernyataan yang Sering Menjadi Alasan Penulis Belum Juga Menerbitkan Bukunya

Setiap orang yang hobi menulis pasti mempunyai mimpi menjadi seorang penulis yang dapat menerbitkan buku sendiri. Tapi bagi sebagian orang banyak yang meragukan kemampuan yang mereka miliki.

Berikut ini adalah 5 pernyataan yang paling sering dijadikan alasan penulis jika ditanya “Kenapa belum juga menerbitkan bukumu?”

 

1. Kamu punya kemampuan, tapi kamu masih ragu

Mencoba sesuatu yang baru memang kadang menjadi ketakutan sendiri bagi kita, apalagi untuk kamu yang baru pertama kali ingin mencoba menulis buku. Namun di saat yang sama, hal itu juga membuat kamu termotivasi untuk melakukannya.

dukungan teman
Via searchquotes

Di sinilah peran orang tua, saudara, teman atau pendukungmu sangat dibutuhkan. Ceritakan pada mereka tentang keinginanmu untuk menulis buku. Mereka pasti akan menyemangatimu agar tetap yakin dan fokus.

 

2. Kamu sudah mencoba menulis, tapi writer’s block terus saja menghantuimu

Sering mengalami writer’s block? Jangan paksakan diri untuk terus menulis. Berikan sedikit waktu istirahat untuk pikiranmu atau bisa juga di sela-sela kegiatan menulismu selingi dengan menonton film, mendengarkan musik atau bermain game.

writer's block
Via theodysseyonline

Quotes dari ucapan artis di film atau lirik yang ada di lagu terkadang malah bisa berpotensi menjadi imajinasi baru, loh!

 

3. Kamu tahu ada pasar untuk bukumu, tapi kamu belum menemukannya

Sudah mengirimkan naskah tapi menerima email balasan dari editor penerbit kalau naskahmu kurang diminati oleh pasar saat ini? Jangan berkecil hati dulu.

pemasaran menerbitkan buku
Via evisionmedia

Dalam dunia perbukuan, penulis memang diharapkan bisa berperan menjadi pemasar agar produk yang akan dijual oleh penerbit tidak berujung sia-sia. Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan melalui televisi, radio atau social media mengenai trend yang sedang happening sekarang ini.

Contohnya kamu tertarik menulis novel bersetting di Paris, kamu harus mencari tahu apakah novel dengan setting Paris disukai banyak pembaca saat ini.

 

4. Kamu punya follower social media yang lumayan banyak dan aktif, tapi kamu belum memanfaatkannya

Aktif di social media, sering posting mengenai sesuatu dan banyak yang like atau comment? Kini saatnya memanfaatkan social media sebagai platform untuk mempromosikan bukumu. Kamu bisa memulainya dengan memberikan 1 chapter gratis sehingga menimbulkan rasa penasaran followersmu untuk membaca chapter-chapter berikutnya.

social media marketing strategy
Via coschedule

Membuat kuis atau kontes foto dengan bukumu juga bisa jadi ide yang bagus, secara tidak langsung buku yang kamu promosikan juga laku terjual.

 

5. Kamu pernah menerbitkan buku secara indie, tapi yang terjadi biaya produksinya malah membebanimu

Seperti yang sudah kita ketahui, jika ingin menerbitkan buku dengan sistem indie maka uang yang harus kamu siapkan tidaklah sedikit. Karena biaya dan proses penerbitan tidak seluruhnya ditanggung oleh penerbit, melainkan dijalankan langsung oleh penulis.

independent publishing
Via thenextweb

 

Kini kamu bisa menggunakan cara crowdfunding untuk menerbitkan bukumu. Crowdfunding memberikanmu ‘wadah’ di mana kamu bisa mengumpulkan dana menjelang buku diterbitkan, sehingga kamu dapat menggunakan waktu untuk mempromosikan project bukumu agar bisa mendapatkan lebih banyak pledgers (sebutan pendukung suatu project dalam sistem crowdfunding).

Bagaimana? Masih punya alasan untuk tidak menerbitkan bukumu dari semua penyelesaian yang sudah kamu baca dan bisa dijadikan referensi pada point-point di atas?

Memang tidak mudah, tapi kamu harus yakin kalau kamu bisa menerbitkan setidaknya 1 buku dalam 1 tahun. Dengan begitu selalu ada motivasi yang akan menyemangatimu. Karena satu-satunya motivator terbaik dalam hidupmu adalah dirimu sendiri.

Kalau kamu masih bingung memilih penerbit yang cocok, ICC Publisher bisa menjadi pilihan terbaik. ICC Publisher memberikan kamu kemudahan dalam menerbitkan buku. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal, yang harus kamu lakukan hanyalah mengirimkan naskah.

Setelah naskah dipoles oleh tim ICC Publisher menjadi naskah yang layak dijual, tim akan meluncurkan campaign crowdfunding untuk bukumu.

Jadi, terbitkan bukumu sekarang juga! 🙂

Tags: ,

Show Comments (0)

This is a unique website which will require a more modern browser to work! Please upgrade today!

PENAWARAN SPESIAL UNTUK KAMU!

Dapatkan kupon diskon senilai 15% dari total pledge kamu

Caranya mudah, tinggal subscribe ke newsletter ICCPublisher, dan kupon diskon akan dikirimkan ke inbox kamu. Mohon mengisi data dibawah ini dengan baik dan benar.

Kami tidak akan pernah membagikan info ini dengan pihak lain.