Our Blog

Mengenal Lebih Jauh Crowdfunding di Indonesia

Apa itu crowdfunding?

 

Sebagian besar dari kita pasti masih asing dengan kata ‘Crowdfunding’, padahal di Indonesia sendiri sudah memiliki banyak penyedia platform crowdfunding, sebut saja KitaBisa, Wujudkan, AyoPeduli, Crowdtivate, gandengtangan, carincara dan ICC Publisher. Lalu, apa sih crowdfunding itu?

Crowdfunding adalah kegiatan pengumpulan dana yang dilakukan oleh banyak orang untuk suatu tujuan atau project tertentu, dengan imbalan berbagai rewards (non-money). Crowdfunding biasanya digunakan untuk mendukung beberapa kegiatan, diantaranya bantuan bencana, dukungan untuk artis, kampanye politik, pendanaan perusahaan start-up, pendanaan film, hingga dukungan kepada penulis untuk menerbitkan bukunya.

 

Ada tiga pihak utama yang berperan dalam crowdfunding:

  1. Inisiator Project. Individu atau kelompok yang memiliki project atau ide yang membutuhkan pendanaan. Dalam kasus ICC Publisher, kelompok ini adalah para penulis yang ingin karyanya diterbitkan.
  2. Investor Project. Individu atau kelompok yang mendukung ide tersebut, kemudian mereka mengalirkan dukungan dana ke pihak inisiator. Dalam kasus ICC Publisher, pihak ini adalah para pembaca dan pendukung project.
  1. Platform Project. Sebuah website yang memiliki sistem untuk mempertemukan inisiator dan investor. Dalam kasus ini, ICC Publisher adalah pihak yang menyediakan platform sekaligus layanan penerbitan seperti umumnya.

 

Manfaat crowdfunding

 

Manfaat crowdfunding bagi inisiator bukan hanya untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan (meskipun sering juga menjadi tujuan utama inisiator dalam crowdfunding), akan tetapi banyak hal lain yang bisa didapatkan, yaitu:

 

  • Inisiator dapat menarik perhatian orang lain dari ide yang dituangkan. Hal tersebut merupakan langkah penting untuk membuktikan keberhasilan project yang dijalani dan dapat mengundang investor besar untuk ikut berkontribusi.
  • Sepanjang campaign yang sedang berjalan, inisiator mempunyai kesempatan untuk memperbanyak pendukungnya. Sehingga campaign yang ada memiliki target pasaran yang berlipat ganda.
  • Investor akan tertarik pada passion inisiator yang ide kreatifnya dapat menarik perhatian. Menjadi inisiator yang sukses adalah cara terbaik untuk menarik minat investor.

Tipe-tipe crowdfunding

 

Kalau kamu berencana membuat campaign crowdfunding, kamu pasti harus memilih crowdfunding seperti apa yang kamu inginkan: “All or Nothing” atau “Flexible”. Apa perbedaan di antara keduanya?

Ketika memilih tipe crowdfunding “all or nothing”, kamu hanya akan menerima pledge (imbalan atau janji) sesuai dengan perhitungan selama durasi campaign jika campaign yang kamu buat mencapai goal sebelum waktu yang ditentukan habis.

Contohnya: Jika kamu memiliki goal penggalangan dana IDR 10.000.000 dan kamu hanya mencapai IDR 9.000.000 pada 30 hari yang sudah kamu tentukan, kamu tidak akan menerima dana apapun.

Sebaliknya, ketika kamu memilih tipe crowdfunding “flexible”, kamu tetap menerima pledge sesuai dengan perhitungan selama durasi campaign bahkan jika kamu tidak mencapai goal yang dibuat.

 

Contohnya: Jika penggalangan dana yang kamu butuhkan mencapai IDR 4.000.000 dalam 30 hari dari goal IDR 5.000.000 yang telah kamu buat, kamu tetap diizinkan untuk menyimpan uang sebesar 4 juta rupiah tersebut dalam bentuk deposit.

 

Contoh crowdfunding di Indonesia

 

Di awal artikel, kita sudah mengetahui bahwa di Indonesia ternyata sudah banyak platform crowdfunding. Tiap platform memiliki ciri khas masing-masing, seperti Kickstarter, sebuah website funding dari luar negeri yang berfokus untuk proyek kreatif.

 

Contoh crowdfunding di Indonesia adalah Inner Child Crowdfund Publisher, atau yang bisa kita sebut ICC Publisher, penerbit pertama di Indonesia yang menggunakan sistem crowdfunding. ICC Publisher sangat membantu para penulis berbakat di Indonesia. Hanya dengan mengirimkan naskah, penulis sudah bisa meluncurkan idenya dalam bentuk campaign crowdfunding. Apabila campaign berhasil, penulis akan mendapatkan fasilitas untuk menerbitkan dan mencetak naskahnya dalam bentuk sebuah buku.

 

Bagi para pecinta buku, kamu bisa melakukan pledge (memesan buku secara pre-order) untuk mendukung pendanaan penerbitan buku-buku di dalam campaign-campaign yang ada. Tidak hanya buku, tiap-tiap pledge juga mempunyai beberapa opsi pilihan dengan hadiah eksklusif.

Bagaimana jika campaign gagal? Kamu tidak perlu khawatir! ICC Publisher mempunyai pledge protection, yang berarti para pendukung akan tetap mendapatkan pledge reward yang telah mereka pilih.

Mudah dan aman, bukan? Penulis dapat menyampaikan ide kreatifnya dalam bentuk naskah, pembaca pun bisa mendapatkan buku dengan kualitas tinggi dari penulis favoritnya serta hadiah eksklusif lainnya.

Tags: ,

This is a unique website which will require a more modern browser to work! Please upgrade today!

PENAWARAN SPESIAL UNTUK KAMU!

Dapatkan kupon diskon senilai 15% dari total pledge kamu

Caranya mudah, tinggal subscribe ke newsletter ICCPublisher, dan kupon diskon akan dikirimkan ke inbox kamu. Mohon mengisi data dibawah ini dengan baik dan benar.

Kami tidak akan pernah membagikan info ini dengan pihak lain.